Posisi
Home > Berita > Tambah Ilmu Tambah Pengetahuan melalui Kunjungan ke Kab. Ponorogo dan Kota Surakarta

Tambah Ilmu Tambah Pengetahuan melalui Kunjungan ke Kab. Ponorogo dan Kota Surakarta

Kab Blitar melalui Bagian Kesra Sekretariat Daerah melakukan kunjungan kerja ke Kab. Ponorogo dan Kota Surakarta dari tanggal 13 s.d 15 November 2017. Dalam Sambutannya Kabag Administrasi Kesra dan Kemasyarakat Kabupaten Ponorogo menjelaskan untuk Tahun 2017 adalah 2 program dan 6 kegiatan, yang meliput:

  1. Program Pemberdayaan kelembagaan Kesejahteraan Sosial yang terdiri dari kegiatan: (1) Peningkatan Kualitas SDM Kesejahteraan Sosial Masyarakat; (2) Penyelenggaraan Peringatan Hari-Hari Besar Keagamaan; (3) Penyelenggaraan Peringatan Bulan Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha; (4) Penyediaan Jasa Pelayanan Haji; (5) Keikutsertaan Dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).
  2. Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan terdiri dari kegitan : Monitoring, Evaluasi dan Verifikasi Pelaksanaan Kegiatan Bantuan Sosial dan Hibah.

Pemerintah Kabupaten Ponorogo memberikan dana hibah kepada pengelola tempat ibadah langsung melalui dana APBD dan diverifikasi oleh Bagian Administrasi Kesra dan Kemasyarakatan. Untuk pengelola masjid Agung Ponorogo berasal dari Staf Bagian Kesra dan masyarakat.

Dalam kunjungan ke Kota Surakarta. Di sambut oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Surakarta Dalam penjelasannya beliau menjelaskan untuk tahun 2017 ada 2 program dan 3 kegiatan yang diantaranya adalah:

  1. Program pengembangan Data/Informasi /Statistik Daerah yang terdiri dari kegiatan penyusunan dan pengumpulan Data dan Statistik Daerah, indicator dari kegiatan tersebut: Pendataan tempat ibadah dan pembuatan Buku Profil Tempat Ibadah;
  2. Program Pengembangan Wawasan Kebangsaan terdiri dari kegiatan : (1.) Peningkatan Toleransi dan Kerukunan Dalam Kehidupan Beragama, indikator kinerja : A. Terlaksananya Halal Bihalal dan Natal PNS Pemkot Surakarta; B. Pengelolaan Zakat Fitri dan Penyelenggaraan Kurban Hari Raya Idul Adha; C. Buka Puasa dan Natal Bersama Warga Binaan Rutan Klas I Surakarta; D. Pengajian akbar, zikir dan Sholawat Tahun Baru Hijriyah. (2.) Kegiatan Peningkatan Kesadaran Masyarakat akan Nilai- Nilai Luhur Budaya Bangsa, indikator kinerja : A. Pembukaan Manasik Haji Pemberangkatan dan Tasyakuran Jamaah Haji; B. Terlaksananya seleksi TPHD; C. Fasilitasi Kegiatan BADKO TPQ dan Pengadaan Mushaf AlQuran; D. Fasilitasi kegiatan LPTQ; E. Pelatihan Keagamaan; F. Festival Dakwah; G. Terlaksananya MTQ Pelajar XXXII dan H. Penyusunan Pembuatan Naskah Akademik Perda Haji

Pengelolaan tempat ibadah di Kota Surakarta selama ini dikelola oleh pengurus tempat ibadah masing-masing. Pengusulan Proposal Bantuan Hibah diusulkan dikelurahan masing-masing melalui LPMK. Pemerintah Daerah mengalokasikan dana APBD melalui dana hibah ke lembaganya saja seperti MUI, NU, Muhammadiyah, WALUBI, yang diverifikasi oleh Bagian Kesra Setda Kota Surakarta.

5d2b4b20-6225-4596-be3d-a9c7e4db899d 9eb2194e-01a2-4b1f-a9fd-734cd8eef393 37fef340-9ed4-483f-8f2e-d0c8f7a3201e a193b427-630d-49bc-abbe-0d0c9d8adc1b 7c388b27-9fda-4de1-99f5-5de1a0759787

Top