Posisi
Home > Berita > Sanan Kulon kembali Menjuarai MTQ Kabupaten Blitar

Sanan Kulon kembali Menjuarai MTQ Kabupaten Blitar

MTQ ke-3, Sarana Gema dan Syiar Tahun 2016

H.Makinudin, Kepala Bagian Kesra Pemerintah Kabupaten Blitar dalam laporan diacara penutupan MTQ ke-3, Minggu (30/10) menjelaskan, kegiatan MTQ ke-3 telah berlangsung sukses dan lancar, diikuti oleh 275 peserta dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Blitar. Cabang perlombaan yang diikuti seluruhnya yaitu 5 cabang yang terdiri dari Tartil, Tilawah, Fahm Al Quran (MFQ), Cabang Syarh Al Qur an (MSQ), dan Cabang Khath Al Quran (MKQ). Acara tersebut juga didukung UMKM se-Kabupaten Blitar dalam gelar produk unggulan. Ini juga dalam rangka mendukung Gerakan Ayo Bela Beli Produk Kabupaten Blitar.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum, Miftachuddin saat membacakan sambutan Bupati Blitar pada penutupan MTQ ke-3 menyampaikan, kesuksesan penyelengaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an di MA Maarif Kecamatan Udanawu ini, tentunya merupakan kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Blitar, Panitia Penyelenggara, Lembaga Ma’arif beserta seluruh masyarakat, yang telah berupaya penuh keikhlasan, demi mensukseskannya penyelenggaraan MTQ Tingkat Kabupaten Blitar ke -III Tahun 2016. Harapannya, hal ini menjadi gema dan syiar pada tahun ini. Juga memberikan barokah bagi jajaran pemerintah dan seluruh masyarakat “Demi Menuju Kabupaten Blitar yang Sejahtera, Maju dan Berdaya Saing ”. Dalam sambutan tersebut juga diungkapkan, kegiatan MTQ yang lekat dengan syiar agama ini akan mubadzir, jika tidak memberi bekas dan pengaruh terhadap perilaku dan kehidupan masyarakat muslim. Untuk itu kedepan sangat diperlukan perhatian dan keterlibatan sungguh-sungguh, serta tanggung jawab seluruh komponen umat Islam dan jajaran pemerintah Kabupaten Blitar. Tujuannya, pasca penyelenggaraan MTQ dapat memberikan manfaat, dan pengaruh positif bagi pembinaan kehidupan keagamaan masyarakat.
Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga berharap, ada upaya secara terencana pembibitan Qori’ dan Qoriah, hafidz-hafidzdah, mufassir-mufassiroh, maupun cabang musabaqah lainnya dengan mengembangkan potensi dan sumber daya manusia yang dimiliki oleh masing masing Kecamatan Se Kabupaten Blitar. Juga mengamalkan dan melaksanakan secara sungguh-sungguh komitmen LPTQ untuk menyelengarakan MTQ yang bersih, jujur, berakhlaq, berkualitas dan berprestasi.
Diakhir sambutannya, Bupati Blitar yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum menyampikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya MTQ ke-3. Untuk para pemanang diharapkan mempersiapkan diri mengikuti pemusatan latihan. Harapannya, bisa berhasil dan dapat mengharumkan nama baik Kabupaten Blitar lalam ajang perlombaan MTQ se-Provinsi Jawa Timur yang rencananya akan diselengarakan di PASURUAN pada Tahun 2017 mendatang.
Dalam MTQ ke-3 Tahun 2016 Kecamatan Sanakulon kembali menjadi juara umum dengan memperoleh nilai 34, disusul Juara II oleh Kecamatan Sutojayan dengan nilai 32, Kecamatan Wlingi juara III nilai 31, Kecamatan Udanawu selaku tuan rumah menduduki peringkat ke-IV dengan nilai 30, peringkat ke- V oleh Kecamatan Nglegok yang memperoleh nilai 28, peringkat VI Kecamatan Kanigoro dengan nilai 16, Peringkat ke-VII Kecamatan Wonodadi total nilai 15, Peringkat Ke-VIII adalah Kecamatan Talun dengan nilai 13, Peringkat ke- IX Kecamatan Selopuro total nilai 12 dan Kecamatan Binangun peringkat ke-X dengan nilai 7.

Top